guru membimbing siswa menemukan kesimpulan |
Pada kegiatan
pembelajarn dengan metode guided
discovery siswa dilibatkan secara aktif dalam proses mencari pemecahan
masalah dengan cara kritis, analisis, dan ilmiah untuk menuju suatu kesimpulan.
Hamdani ( 2010 :
184) berpendapat bahwa discovery
(penemuan) adalah proses mental ketika siswa mengasimilasikan suatu konsep atau
suatu prinsip. Adapun proses mental, misalnya mengamati, menjelaskan, mengelompokkan,
membuat kesimpulan. Guru melibatkan siswa dalam proses mental melalui tukar
pendapat yang berwujud diskusi, seminar, dan sebagainya.
Suprijono (2009 :
69) mengemukakan proses belajar discovery
meliputi proses informasi, transformasi, dan evaluasi. Proses informasi, pada
tahap ini peserta didik memperoleh informasi mengenai materi yang sedang
dipelajari. Tahap transformasi, pada tahap ini peserta didik melakukan
identifikasi, analisis, mengubah, mentransformasikan informasi yang telah
diperolehnya menjadi bentuk yang abstrak atau konseptual supaya kelak pada
gilirannya dapat dimanfaatkan bagi hal-hal yang lebih luas. Tahap evaluasi,
pada tahap ini peserta didik menilai sendiri informasi yang telah
ditransformasikan itu dapat dimanfaatkan untuk memahami gejala atau memecahkan
masalah yang dihadapai.
Guided
discovery (penemuan terpimpin) adalah pelaksanaan discovery
dengan arahan dari guru. Menurut Hanafiah dan Suhana (2009:77) pelaksanaan ini
dimulai dari pertanyaan inti, guru mengajukan berbagai pertanyaan yang melacak,
dengan tujuan untuk mengarahkan peserta didik ke titik kesimpulan yang
diharapkan. Selanjutnya siswa melakukan percobaan untuk membuktikan pendapat
yang dikemukakannya.
Menurut Hamdani
(2010 : 185) langkah-langkah guided
discovery, yaitu :
1)
Adanya problema yang akan dipecahkan,
dinyatakan dalam pertanyaan atau pernyataan
2)
Jelas tingkat atau kelasnya
3)
Konsep atau prinsip yang harus ditemukan
siswa melalui kegiatan tersebut perlu ditulis dengan jelas
4)
Alat atau bahan perlu disediakan sesuai
dengan kebutuhan siswa dalam melaksanakan kegiatan
5)
Diskusi sebagai pengarahan sebelum siswa
melaksanakan kegiatan
6)
Kegiatan metode penemuan oleh siswa
berupa penyelidikan atau percobaan atau menemukan konsep atau prinsip yang
telah ditetapkan
7)
Proses berfikir kritis perlu dijelaskan
untuk menunjukkan adanya mental operasional siswa, yang diharapkan dalam kegiatan.
8)
Perlu dikembangkan pertanyaan-pertanyaan
yang bersifat terbuka, yang mengarah pada kegiatan yang dilakukan siswa.
9)
Adanya catatan guru meliputi penjelasan
tentang hal-hal yang sulit dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil,
terutama penyelidikan yang mengalami kegagalan atau tidak berjalan sebagaimana
seharusnya.
Kelebihan metode
guided discovery menurut Hanafiah dan
Suhana ( 2009: 79) adalah
1)
Membantu peserta didik untuk
mengembangkan kesiapan serta penguasaan ketrampilan dalam proses kognitif
2)
Peserta didik memperoleh pengetahuan
secara individual sehingga dapat dimengerti dan mengendap dalam pikirannya.
3)
Dapat
membangkitkan motivasi dan gairah belajar pesertadidik untuk belajar lebih
giat.
4)
Memberikan peluang untuk berkembang dan
maju sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing.
5)
Memperkuat dan menambah kepercayaan pada
diri sendiri dengan proses menemukan sendiri.
Kelemahan metode
guided discovery menurut Hanafiah dan
Sujana ( 2009 : 79) antara lain :
1)
Siswa harus memiliki kesiapan dan
kemtangan mental, siswa harus berani dan berkeinginan untuk mengetahui keadaan
sekitarnya dengan baik.
2)
Keadaan kelas di kita kenyataannya gemuk
jumlah siswanya, maka metode ini tidak akan mencapai hasil yang memuaskan
3)
Guru dan siswa yang sudah sangat
terbiasa dengan PBM gaya lama maka metode discovery
ini akan mengecewakan Ada kririk, bahwa proses dalam metode discovery terlalu mementingkan proses
pengertian saja, kurang memperhatikan perkembangan sikap dan ketrampilan bagi
siswa
sumber :
Hamdani.
2011. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung : Pustaka Setia
Hanafiah,
N dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi
Pembelajaran. Bandung : Aditama
Suprijono,
Agus. 2009. Cooperative Learning.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2 komentar:
Makasi_ atas refrensinya :)
nice :3 terimaksih yaaa
Posting Komentar